Berbuka dengan yang Marxis-marxis (Ngabuburead #3)

Berbuka dengan yang marxis-marxis

  Ramadhan kali ini berbeda karena memang dunia baru sedang menyapa. Ramadhan di waktu pandemi ini kita sebagian besar lebih banyak #dirumahaja. Waktu yg terbaik untuk keluarga dan kadang menyapa teman via social media dan ikuti beragam diskusi penting secara online.
     Dalam rangka melaksanakan anjuran berbuka dengan yang “marxis marxis” oleh che Siti Djenar ngabuburead kali ini aku kembali membaca untuk yang sekian kalinya buku Dunia Sophie atau dalam versi Inggrisnya Sophie’s World. 
Kembali ke menu marxis-marxis, ayat Marx di nomor 418. 
Kalimat pertama; ...hantu- hantu sedang membayangi Eropa.
     Empat halaman belum ketemu yang marxis. Halaman kelima bab ini muncul komunis dan Marx setelah nyempil kisah Scrooge Kapitalis pelit, kisah perjuangan kelas abad pertengahan yang penting nantinya dipakai membaca Marx.
   Berbeda dengan Kierkegard yang menulis Socrates, Marx muda memilih Democratus dan Epicurus untuk tesis doktoralnya. Tak lain tak bukan itu adalah ihwal filsafat materialisme zaman Yunani Kuno. Wajar Marx disebut “Materialis historis.” perjumpaan rohani Marx dengan Hegel adalah tak terbantahkan terlepas dari kritik Marx kepada Hegel.
Sehingga filsafat aksi atau eksistensialis membuat mantra keluar dari Marx: “para filosof hanya kerja menafsirkan dunia, padahal yang utama dan penting adalah merubahnya”.
''Hegel: akal dunia dan ruh dunia menggerakkan sejarah''
''Marx: itu kebalik kanda, menurutku.''
   Jadi “hubungan material, ekonomi, dan sosial merupakan dasar dari masyarakat, termasuk di dalamnya hukum, agama, pemerintahan, dll adalah suprastruktur masyarakat.
      Ganas ganas jni sudah, bukan marxis marxis. …
Sarjana sekaliber Marx tidak banyak terjadi dalam dunia yang berputar tunggang langgang. Dia adalah sejarawan, sosiolog, ekonom, dan seorang filosof. Kalau hari ini pastilah Marx adalah ekonomi politik yang bakalan sering ngabuburead sama teman teman aktivis progresif. Lalu Bukber.
    Soal marxis-marxis dan marxisme haruslah kita taruh nama: friedrich Engels, Lenin, Stalin, Mao,...
   Menurut penuturan Guru Sophie, konon Marx menjadi atau mengaku marxis baru tahun 1841 setelah. Aneh bukan? Coba bayangkan!

   Duh ada beberapa konsep kunci yang ketinggalan: syarat syarat produksi, hubungan produksi, materialis dielektis, dan serta nulai moral yang selalu dinegosiasikan dalam masyarakat.

  “Bukankah pikiran dan gagasan manusia dapat mengubah sejarah?” tanya gurunya Sophie. Ya di satu sisi. 
Lalu muncul pertentangan antar kelas: 
tuan tanah vs penggarap, 
bangsawan vs jelata, 
borjuis vs proletar. 
Kali ini bagian akhir dari coretan ini.
   Apa yang kita sebaiknya tahu tentang Hegel dan Marx berurusan dengan alam. dengan lingkungan hidup. 
   Begini ditulis oleh guru Sophie itu : Hegel percaya banget bahwa ada hubungan interaktif atau dielektis antara manusia dan alam. Jika manusia mengubah alam, dia sendiri ikut berubah. 
    Marx melengkapi: manusia berinteraksi dengan alam dan merubahnya, dalam waktu bersamaan alam yang berinteraksi dengan manusia juga sedang atau dapat mengubah kesadaran manusia.
   Kita mengenal John Bellamy Foster yang membela sedemikian kuat bahwa filsafat Marx adalah pro keadilan lingkungan karena itu senada dengan kritik keras kepada kapitalisme yang pada awalnya merusak kemanusiaan akibat tendensi akumulasi kapital dan pada fase lanjutnya kemudian mengeksploitasi sumber daya alam dengan kecanggihan terknologi dan dalam waktu yang sama meminggirkan tenaga manusia.     Kondisi inilah yang sedang kita alami dan apakah kita akan mengubahnya? Filsafat aksi Marx menuntut kita tak hanya kerja fikiran tetapi juga kerja tindakan. Dengan begitu, advokasi berbasis refleksi harusnya menjadikan dunia lebih baik.
    Kalo gak nemu menu buka yang Marxis-marxis bolehlah pakai minuman yang manis-manis yang ada di rumah. Asal kamu tahu, yang manis itu tidak melulu produk kapitalis. 
Karena apa? senyumu itu saja bisa menjadi manis yang tak tertandingi dengan pemanis buatan pabrik. 

Selamat berbuka.

Komentar

Postingan Populer